no image

04 July 2017 - 11:55

Komposisi mahasiswa STBA LIA Yogyakarta tidak hanya terdiri dari fresh graduates (lulusan SMA) namun juga para pekerja/karyawan serta para mahasiswa yang dalam semester yang sama kuliah di perguruan tinggi lain. Cukup banyak mahasiswa STBA LIA Yogyakarta ternyata kuliah juga di perguruan tinggi lain di Yogyakarta, yang biasa disebut kuliah dobel. Jumlah terbanyak diisi oleh mahasiswa UII, kemudian diikuti oleh mahasiswa UPN, UNY, dan UGM. Trend kuliah dobel di STBA LIA Yogyakarta semakin meningkat dari tahun ke tahun menurut beberapa mahasiswa yang dobel kuliah di STBA LIA Yogyakarta, kuliah bahasa Inggris di STBA LIA Yogyakarta akan mempermudah karier mereka di kemudian hari.

Dendy mahasiswa STBA LIA angkatan 2014 mengatakan, "Gini. Kalo kita tidak mampu berbahasa Inggris saya rasa agak sulit bagi kita untuk bersaing dalam dunia karier pekerjaan. Sudah biasa, setiap bidang pekerjaan mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris". Ni'am, mahasiswa lainnya, yang telah lulus dari Fakultas MIPA universitas negeri di Yogyakkarta, menambahkan, "Saya sekarang bahkan diminta mengajar Bahasa Inggris (red; di salah satu SMP), bukan ilmu MIPA saya walaupun saya belum lulus dari STBA LIA Yogyakarta ." 

Ketika ditanya mengapa tidak mengikuti kursus saja, mereka mengatakan "naggung". "Nanggung. Enakan kuliah sekalian. Dengan begitu kita akan mendapatkan ilmu dan titel (dobel)".

Tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa kuliah dobel yang hanya kurang dari 30 orang akhir-akhir ini bergerak mendekati angka 64 orang. Hampir seluruh mahasiswa tersebut mengambil S1 Bahasa Inggris Kelas Sore.