Supporting Units



Statistic


Apa Yang Bisa Dilakukan Lulusan Prodi Bahasa Inggris?

Sejatinya, bahasa Inggris bukanlah disiplin dengan jalur karir yang spesifik. Oleh karenanya lulusan bahasa Inggris dengan skills yang mumpuni dapat berkarya di beberapa bidang (cair) yang mungkin digeluti seperti: jurnalistik, penerbitan, editor, bidang politik, guru, dosen, pariwisata, perhotelan dan lain sebagainya. Lulusan Program Studi (Prodi) bahasa Inggris yang memiliki banyak keterampilan yang mumpuni dapat diserap pada hampir semua sektor pekerjaan dan pilihannya hampir tidak ada habisnya, sangat tidak terbatas.

 

Keterampilan dan life kills yang dimiliki lulusan prodi bahasa Inggris membuat mereka dalam posisi yang baik untuk berkarir di berbagaisektor seperti Media, Pemasaran dan Periklanan & PR. Keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan untuk “memanipulasi” bahasa dan pemahaman tentang bagaimana merangkul audiens adalah kunci pekerjaan yang dilakukan di sektor-sektortersebut.

Teknologi mutakhir juga membuka jalan baru untuk pekerjaan dimana lulusan bahasa Inggris sangat sesuai untuk menangani konten untuk situs web, blog atau umpan berita, mengelola media social, dan pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk berbagai perusahaan. Yang terakhir ini bahkan telah banyak dilakukan oleh para mahasiswa - sambil kuliah, bekerja untuk mendapatkan penghasilan/uang.

 

Lulusan prodi bahasa Inggris dapat juga mempertimbangkan untuk bekerja di bidang yang lebih difokuskan pada bisnis seperti Retail, Human Resources, Consultancy and Finance. Keterampilan komunikasi yang didapat dikombinasikan dengan pemahaman matematika yang cukup baik setidaknya pada tingkat tertentu akan memungkinkan lulusan berhasil di sektor ini.

Skills Empowerment Lulusan Prodi Bahasa Inggris

Lulusan bahasa Inggris menyelesaikan gelar mereka dengan sejumlah keterampilan yang sangat berharga untuk diterapkan di berbagai bidang pekerjaan.

 

Skill Analisis - Lulusan Inggris mampu memproses sejumlah besar informasi tertulis untuk mengekstrak poin-poin kunci untuk diterapkan pada situasi tertentu. Kemampuan untuk mencerna dan menyaring informasi dengan cara ini sangat menguntungkan banyak penyelesaian masalah secara profesional.

 

Skills Komunikasi - Komunikasi tertulis dan lisan adalah keterampilan terkuat lulusan bahasa Inggris. Mereka mampu menulis dengan tujuan dan ketepatan, dan mampu mengungkapkan pendapat mereka secara jelas dan berkarakter baik dalam bentuk tulsian maupun lisan.

 

Kemampuan Berorganisasi Dan Pentingnya  Kedisiplinan

 Lulusan prodi bahasa Inggris belajar membaca dan memahami sejumlah besar karya tulis dalam waktu singkat, dan mampu mengelola beban kerja mereka sampai batas akhir dengan hasil yang baik. Kemampuan organisasi dan rentang konsentrasi yang panjang ini bermanfaat di hampir seluruh bidang pekerjaan. ­The good virtues of English sebagai satu produk budaya yaitu kedisiplinan tentu secara otomatis tertanam (embedded) dalam seluruh geliat pembelajaran dalam prodi bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris, belajar kedisiplinan.

 

 Kemampuan Persuasi

Penguasaan retorika dan persuasi adalah keterampilan yang sangat diminati di banyak sektor. Lulusan bahasa Inggris mengerti betul bagaimana membangun dan mendukung sebuah argumen, dan telah banyak belajar melihat sebagian besar masalah dari berbagai sudut. Hal ini membuat mereka ideal untuk banyak posisi di bidang bisnis dan pekerjaan kreatif lainnya.

 

Kemampuan Meneliti

Lulusan Inggris telah belajar menganalisis sejumlah besar teks dan mengumpulkan temuan mereka menjadi argumen yang koheren. Hal ini membutuhkan keahlian manajemen data dan jummlah data yang luas, yang sangat berharga bagi banyak bidang pekerjaan.

Berbagai kemapuan (skills) di atas mendapatkan porsi perhatian utama dalam menentukan learning objectives (tujuan pembelajaran) di  hampir seluruh program studi bahasa Inggris,termasuk di dalamnya STBA LIA Yogyakarta. AD-5-17